Tips Merencanakan Aqiqah Buah Hati Anda

Tips Merencanakan Aqiqah Buah Hati Anda
Acara aqiqah yang eksklusif tentu akan membutuhkan sejumlah dana yang terbilang cukup besar, dan tentunya harus dipersiapkan dengan baik sejak awal.

Jangan sampai setelah kelahiran si kecil, Anda justru kebingungan dengan sejumlah biaya aqiqah yang jumlahnya juga tidak kecil ini. Hal ini perlu diperhatikan sejak awal, mengingat kelahiran si kecil juga telah membutuhkan sejumlah biaya yang cukup besar.

Di luar itu, perhatikan juga berbagai biaya perawatan anak untuk ke depannya nanti yang jumlahnya juga tidak sedikit.

Jika ternyata Anda dan pasangan hanya memiliki sejumlah dana yang terbatas untuk menggelar acara aqiqah, maka ada baiknya membuat sebuah acara yang tidak terlalu besar, sehingga semua bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan kemampuan dana yang dimiliki. Hal ini bahkan akan menjadi lebih praktis, mengadakan acara aqiqah dengan sederhana namun tetap hikmat dengan hadirnya orang-orang dekat di sana.

Tidak perlu malu untuk menggelar acara aqiqah ini dengan sederhana saja, selama berbagai prosesi di dalamnya telah sesuai dengan ketentuan yang seharusnya. Yang paling penting adalah tujuan dari acara tersebut dapat tercapai dengan baik dan sesuai dengan rencana awal.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menggelar acara aqiqah si kecil dengan hemat :

1. Rencanakan dengan Baik

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyusun sebuah rencana yang tepat sejak awal. Ini akan membantu Anda untuk bisa lebih mudah melakukan aqiqah si kecil dengan praktis. Jika Anda dan pasangan telah sepakat untuk menggelar acara aqiqah dengan sederhana tentu hanya perlu menyusun acara untuk beberapa prosesi pentingnya saja. Tidak perlu menggelar berbagai prosesi yang berlebihan dan membutuhkan sejumlah dana yang cukup besar, sehingga tujuan untuk menggelar acara aqiqah sederhana tersebut sulit dilakukan.

Pilih beberapa prosesi sunnah yang harus dilakukan, di mana hal ini dapat menyampaikan tujuan aqiqah tersebut. Jangan sampai meninggalkan prosesi yang dirasa harus ada di dalam acara tersebut, sebab hal ini bisa membuat tujuan aqiqah tidak terlaksana dengan baik. Susun rencana ini dengan se-efisien mungkin, artinya semua kegiatan yang dipilih di dalamnya memang telah sesuai dengan ketentuan yang seharusnya.

2. Susun Anggaran yang Tepat

Jangan lupa untuk menyusun anggaran aqiqah ini dengan baik, sehingga acara ini bisa berjalan dengan biaya yang hemat. Catatlah semua biaya yang akan dikeluarkan untuk menggelar acara tersebut, termasuk berbagai biaya kecil yang dibutuhkan nantinya. Berbagai biaya kecil inilah yang seringkali membuat pengeluaran menjadi membengkak, sebab sebagian orang memang melupakannya sejak awal dan tidak memasukkannya ke dalam anggaran yang mereka susun sejak awal.

Masukkan juga biaya tak terduga di dalam anggaran yang Anda buat tersebut, sehingga berbagai kebutuhan darurat saat menggelar aqiqah nanti dapat diatasi dengan baik tanpa mengganggu keuangan. Anda tidak akan pernah tahu, apa saja hal yang mungkin terjadi dan membutuhkan sejumlah biaya di luar anggaran yang telah disusun sejak awal. Jangan sampai berbagai biaya tersebut menjadi kendala di dalam acara aqiqah si kecil, atau bahkan mengganggu keuangan setelah acara tersebut selesai nanti.

Wajibkan untuk selalu membuat sejumlah biaya tak terduga di dalam anggaran yang disusun, sehingga anggaran tersebut bisa berjalan dengan efisien dan tidak mengganggu keuangan secara keseluruhan.

3. Pilih Waktu Terbaik

Penting untuk memilih waktu yang tepat ketika akan menggelar acara aqiqah, hal ini bisa membuat Anda mengatur segala sesuatunya dengan lebih bijak, termasuk masalah biaya juga. Jika mengadakan aqiqah dengan terburu-buru, maka besar kemungkinan berbagai biaya yang dibutuhkan tidak akan bisa ditekan dengan baik.

Berbeda halnya ketika melakukan aqiqah pada waktu yang tepat dan dibarengi dengan rencana yang matang, maka Anda akan memiliki sejumlah waktu yang cukup panjang untuk menyusun berbagai rencana dan juga biaya dengan se-efektif mungkin. Anda bahkan sudah bisa menyusun hal ini sejak jauh-jauh hari, sejak si kecil belum lahir, mengingat aqiqah pada umumnya dilakukan satu atau dua pekan setelah kelahiran.

Pemilihan waktu ini juga akan memudahkan untuk mengatur jadwal Anda, terutama jika ternyata Anda dan pasangan memiliki jadwal dan kesibukan yang luar biasa padat. Pemilihan hari libur (Minggu) bisa dijadikan sebagai pertimbangan, mengingat kantor akan libur di hari ini. Selain itu, jadwal para tamu undangan juga patut untuk Anda perhitungkan.

Jika menggelar acara aqiqah ini di hari kerja, maka besar kemungkinan sejumlah undangan yang bekerja kantoran akan sulit untuk menghadirinya. Dengan begitu, maka pemilihan hari libur akan menjadi alternatif terbaik untuk mengadakan acara aqiqah si kecil, sebab pada hari ini kemungkinan para tamu untuk hadir akan semakin besar.


4. Pilih Paket yang Sesuai
Penghematan biaya ini juga bisa Anda lakukan dengan cara memilih paket yang paling sesuai untuk kebutuhan aqiqah si kecil. Saat ini, ada banyak sekali penyedia jasa layanan aqiqah, sehingga bisa menemukan salah satu yang paling tepat untuk acara tersebut.

Namun, sangat penting untuk memastikan sejak awal bahwa jasa yang Anda gunakan nantinya telah benar-benar sesuai dengan ketentuan yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan aqiqah yang semestinya. Jangan sampai aqiqah tersebut dilakukan tanpa memenuhi semua syariat yang telah ditentukan di dalam syariat.

Untuk itu, temukan sebuah layanan jasa yang terpercaya dan telah memiliki pengalaman yang cukup banyak dalam menggelar aqiqah anak. Tidak perlu terburu-buru dalam menentukan pilihan, kumpulkan informasi yang akurat terlebih dahulu. Tanyakan informasi mengenai layanan jasa aqiqah ini pada teman, kerabat, atau bahkan tetangga yang mungkin telah pernah menggelar aqiqah sebelumnya. Atau, bi bisa juga melakukan survei terlebih dahulu, sehingga benar-benar yakin untuk menggunakan layanan jasa aqiqah terbaik.


5. Batasi Jumlah Undangan

Dalam sebuah acara, jumlah undangan tentu akan secara langsung berpengaruh pada besarnya biaya yang harus dikeluarkan nantinya. Hal yang sama juga berlaku di dalam acara aqiqah, di mana semakin banyak jumlah undangan, maka akan semakin besar pula jumlah konsumsi dan biaya yang harus Anda penuhi. Hal ini juga bisa Anda jadikan sebagai langkah tepat dalam menghemat biaya aqiqah si kecil, yakni dengan cara membatasi jumlah undangan yang akan hadir di sana.

Pilih orang-orang yang akan diundang ke acara tersebut, sehingga bisa memprediksi siapa saja dan berapa jumlah tamu yang akan datang nantinya. Jangan lupa untuk menganalisa jumlah tamu ini dengan baik untuk menyesuaikannya dengan jumlah konsumsi / paket aqiqah yang akan dipesan nanti.

Pastikan jumlah konsumsi yang dipesan atau siapkan nanti, bisa sesuai dengan jumlah tamu dan tidak sampai kurang, sebab hal seperti ini akan membuat acara tersebut menjadi kurang berkesan baik. Namun, hindari juga untuk memesan atau menyiapkan makanan yang terlalu banyak, sebab hal ini justru akan membuat makanan tersebut mubazir dan rencana penghematan menjadi gagal.

6. Gelar dengan Sederhana dan Hikmat

Menggelar aqiqah menjadi hal yang patut dipersiapkan sejak awal, mengingat acara ini akan dilakukan segera setelah kelahiran si kecil. Siapkan dana dan juga rencana yang matang, sehingga bisa melakukan aqiqah si kecil dengan terencana. Dengan rencana yang baik sejak awal, Anda bisa menggelar acara aqiqah ini dengan sederhana dan hikmat, di mana berbagai prosesi berjalan lancar dengan biaya yang hemat.


Bagi anda yang berencana untuk menunaikan ibadah aqiqah dapat mempercayakannya kepada kami, Aqiqah Al Kautsar. Aqiqah Jogja Profesional dengan Paket Kambing Aqiqah Syar’i, Sehat, Murah, dan Berkualitas

Keterangan lebih jelas untuk harga terbaru klik di sini.

Tag : Tips
Back To Top